Senin, 30 April 2012

Upacara Adat Pukul Sapu di Maluku


Upacara ini gelar untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri. Upacara adat yang hanya anda bisa temui di Desa Morella dan Desa Mamala di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi  Maluku. Selain dikenal dengan nama upacara adat pukul sapu, upacara ini juga dikenal dengan sebutan Baku Pukul Manyapu dan Pukul Manyapu.
Upacara adat yang digelar setiap tanggal 7 Syawal dalam kalender Islam ini tergolong cukup ekstrem. Karena membutuhkan fisik yang prima, biasanya yang menjadi peserta upacara adat ini adalah pemuda-pemuda dari kedua desa tersebut yang mempunyai badan yang sehat dan fisik yang kuat.
Peserta dari desa lain juga tidak dilarang untuk menjadi peserta di upacara adat ini. Bahkan, walaupun upacara adat ini adalah tradisi umat Islam Maluku, umat beragama lain seperti umat kristen , terutama yang masih memiliki ikatan kekerabatan, di daerah tersebut biasanya juga ikut terlibat di dalamnya. Beberapa orang Belanda yang masih keturunan Maluku juga terkadang hadir untuk terlibat di dalam upacara adat ini.
Berbagai kegiatan seperti hadrat (rebana), karnaval budaya, pameran dan festival, balap perahu,  penampilan band lokal, dan bahkan terkadang juga penampilan artis ibukota keturunan Maluku digelar sebelum acara puncak Pukul Sapu dilangsungkan. Aneka tari, seperti tari putri tari mahina, tari perang, dan pertunjukan musik yang dibawakan oleh  masyarakat yang beragama Kristen juga ikut meramaikan upacara adat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar