Senin, 04 Juni 2012

Wisata Sejarah dan Spiritual Kota Ngawi

1. Museum Trinil
Bisa dikatakan bahwa wisata ke tempat ini adalah wisata Ilmu Pengetahuan , karena di museum inilah disimpan fosil manusia kera berjalan tegak yang ditemukan Eugene Dubois , yang dikenal dengan nama Phitecantropus Erectus . Ditemukan juga fosil Banteng dan Gajah purba yang sangat berguna bagi penelitian dan pendidikan khususnya dibidang sejarah purbakala . Fosil – fosil tersebut ditemukan di daerah yang dinamakan situs Sangiran , yang berada di pinggir Sungai Bengawan Solo .

2. Benteng Van Den Bosch
Benteng Van Den Bosch dibangun pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1839 – 1845 dengan nama Font Van Den Bosch . Terletak di Kelurahan Pelem , Kecamatan Ngawi wisata sejarah ini mudah dijangkau dengan alat transportasi karena letak dekat dengan pusat kota Ngawi .
3. Kediaman Krt. Radjiman Wedyaningrat
Tokoh pendiri dan pemrakarsa Badan Pergerakan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia / BPUPKI ini menghabiskan masa tuadi Dusun Paldaplang Desa Kauman Kecamatan Widodaren . Di tempat ini masih berdiri kokoh rumah peninggalan beliau . Perabot , alat-alat rumah tangga dan benda-benda pusaka masih tersimpan dan terawat dengan baik . Lokasi ini sering menjadi tempat upacara peringatan hari lahirnya Pancasila setiap tanggal 1 Juni , utamanya bagi kalangan pelajar dan mahasiswa .
4. Makam PH Kertonegoro dan Patih Ronggolono
Terletak di Sarean Dusun Blimbing Sine Kecamatan Sine makam PH Kertonegoro , dan di Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe makam dari Patih Ronggolono . Kedua tokoh tersebut adalah Bupati dan Wakil Bupati Gendingan ( sebelum ada pembagian Jawa Timur dan Jawa Tengah ) . Pada hari jadi Kota Ngawi makam tersebut sering dikunjungi pejabat Kabupaten Ngawi , sehingga tempat ini menjadi lebih menarik sebagai tempat tujuan wisata sejarah .
5. Arca Banteng
Merupakan benda – benda purbakala peninggalan Kerajaan Majapahit , benda ini terletak di perkampungan penduduk di Dusun Reco Banteng Desa Wonorejo Kecamatan Kedunggalar . Sekitar 22 Km ke arah barat kota Ngawi , lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat .
6. Candi Pendem
Termasuk wisata sejarah , karena keberadaan Candi tersebut adalah bukti sejarah bahwa dahulunya di tanah Jawa agama Hindu mempunyai pengaruh yang sangat kuat . Pertama kali situs ini ditemukan oleh Belanda pada tahun 1925 , dan sebagian besar benda – benda purbakala ini dibawa ke Tretes Malang . Akhirnya ini adalah sisa –sisa peninggalan yang belum terbawa Belanda .
7. Pesanggrahan Srigati
Wisat spiritual ditawarkan obyek ini , karena diyakini penduduk setempat obyek ini adalah pusat keraton lelembut ( mahluk halus ) . Terletak di Babadan Paron , pada bulan Suro khususnya Jum`at legi tempat ini banyak dikunjungi peziarah untuk melaksanakan tirakatan / semedi dan sekaligus menyaksikan Upacara Ganti Lanse / Kelambu . Tempat ini dipercayai sebagai petilasan Raja Brawijaya .
8.Petilasan kraton Wirotho
Konon, Wirotho merupakan kerajaan purwa di tanah Jawa, atau masyarakat meyebutnya dengan istilah Wirotho Ghoib . Tempat ini ditemukan oleh Wilmiyah Kusuma Pranala salah seorang kerabat dari Keraton Mangkunegaran Surakarta . Di desa Tanjungsari Kecamatan Jogorogo tanda petilasan ini dibangun . Yang didalam nya disimpan lingga yoni . Keluarga Ratu Wirotho , Prabu Maksopati ini antara lain , Seto , Utopo , Wiratsongko , Dewi Durgandini , Dewi Roro Manis, yang dipercaya pernah tinggal di petilasan ini .
9. Pertapaan Jaka Tarub
Di Desa Widodaren Kecamatan Gerih , konon pengembaraan Jaka Tarub meninggalkan misteri di tempat ini . Bangunan yang didirikan di petilasan dianggap sebagai simbol persinggahan Jaka Tarub , juga keberadaan sendang diyakini sebagai tempat mandi sembilan bidadari . Adapun kebenaran legenda Jaka Tarub sendiri masih sulit diungkapkan . Bukan mustahil pengembaraan Jaka Tarub ke beberapa tempat selalu meninggalkan cerita .
10. Gunung Liliran
Berjarak kurang lebih 47 Km dari Kota Ngawi , di desa Ketanggung Kecamatan Sine , obyek wisata ini bisa termasuk wisata alam dan sipiritual . Pertama latar belakang pegunungan mempunyai daya tarik panorama alam yang menakjubkan . Kedua fenomena sosial yang menjadi satu agenda rutin adalah pada tanggal 1 Muharram ( 1 Suro ) banyak dikunjungi oleh oarang – orang yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu .
http://kotangawi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar